Cara Melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer

Posted by


Sebelumnya saya sudah menulis tentang Penilaian Tertulis Berbasis Komputer dari PTBK III, PTBK V4.10, hingga yang terakhir saya terbitkan PTBK V.4.20 . Dari semua versi tersebut silakan agan memilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Setiap versi saya buatkan pandunnya tersendiri.
Saat ini saya juga sedang menyiapkan PTBK V.5.0 yang meiliki keunikan tersendiri.
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana memanfaatkan aplikasi tersebut untuk melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer atau dikenal juga dengan istilah Computer Base Test (CBT).
Disamping untuk ujian aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melaksanakan ulangan harian berbasis komputer atau ulangan semester berbasis komputer.
Syarat pertama untuk bisa melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer tentu saja harus ada fasilitas komputer dengan terpasang jaringan/network baik menggunakan LAN maupun wifi.
Tersedia PC/Laptop sebagai server dengan ketentuan jika PC/laptop client yang mengakses server maksimum 20 PC/client maka cukup 1 (satu) Server. 
Tapi jika PC/client yang mengakses server lebih dari 20 PC/laptop maka dibutuhkan 2 PC/laptop sebagai server.
Server ini nanti akan menjadi sumber soal yang akan diakses oleh semua siswa.
Semua PC/laptop client sebaiknya diberi nama tersendiri untuk memudahkan pengecekan saat pelaksanaan ujian. Misalkan untuk PC no 1 diberi nama Cliet-01, PC no 2 diberi nama Client-02 dan seterusnya.
Cara memberi nama PC silakan baca : Memberi Nama PC/Laptop
Untuk server sebaiknya juga diberi nama tersendiri Misalkan Server-01 untuk server no 1 dan Server-02 untuk server no 2. Nama ini bebas sesuai kebutuhan anda, misalkan bisa ;  Pusat-Soal-01, atau USBK-01 dll.
Berikutnya setiap server disiapkan satu folder yang nantinya tempat untuk meletakkan soal yang akan diakses dan dibuka oleh siswa. Folder ini di-share.
Jika semua di atas sudah disiapkan sekarang anda tinggal melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer.
Tentu saja anda harus mempunyai file soal, bisa menggunakan PTBK V.4.10 yang bisa anda baca :  Penilaian Berbasis Komputer (PTBK) V4.10

Atau anda bisa menggunakan TPBK V4.20 , baca : 


Blog, Updated at: Sunday, July 24, 2016

1 comments:

  1. setiap siswa, satu soal, penjelasan detail baru saya posting, silakan baca di http://www.iwanyasa.com/2017/02/cara-melaksanakan-ujian-dengan-ptbk-v42.html

    ReplyDelete

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Blog Archive

Search This Blog

Popular Posts