Cara Melaksanakan Ujian Dengan PTBK V4.2

Posted by



Seperti tulisan saya sebelumnya tentang Aplikasi Praktis Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK)
 banyak yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan cara melaksanakan ulangan/ujian dengan PTBK v4.2 maka kali ini saya akan menguraikan langkah-langkahnya.

Untuk bisa menggunakan soal yang sudah dirakit dengan aplikasi PTBK v4.2 sebagai penilaian ulangan/ujian ada beberapa langkah yang harus dilakukan :

A. Persiapan
    a. Persiapan Perangkat
  1. Syarat pertama untuk bisa melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer tentu saja harus ada fasilitas komputer dengan terpasang jaringan/network baik menggunakan LAN maupun wifi.
  2. Tersedia PC/Laptop sebagai server tempat menyimpan soal dengan ketentuan jika PC/laptop client yang mengakses server maksimum 20 PC/client maka cukup 1 (satu) Server.
  3. Tapi jika PC/client yang mengakses server lebih dari 20 PC/laptop maka dibutuhkan 2 PC/laptop sebagai server.
  4. Semua PC/laptop client diberi nama tersendiri , misalkan untuk PC no 1 diberi nama Cliet-01, PC no 2 diberi nama Client-02 dan seterusnya.
  5. Untuk server sebaiknya juga diberi nama tersendiri , misalkan usbk-01 untuk server no 1 dan usbk-02 untuk server no 2. 
  6. Dalam setiap server disiapkan satu folder tempat untuk meletakkan soal yang akan diakses oleh siswa, misalkan Soal USBK untuk folder di server usbk-01 dan seterusnya.
  7. Folder Soal USBK  di-share tanpa protect sehingga bisa diakses oleh client, dengan cara :

  • Klik kanan folder Soal USBk dan pilih Properties
  • Pada jendela properties klik menu dan klik tombol Share
  • Pada jendela File Sharing pilih Everyone, kemudian klik Add
  • Kemudian pada Permission Level pilih Read/Write
  • Klik Share, kemudian OK

Agar folder dapat diakses oleh semua client lakukan pengaturan sharing pada network sebagai berikut :
  • Klik Start, kemudian pilih Control Panel
  • Pada bagian Network and Internet, klik View network status and tasks
  • Selanjutnya klik Change advanced sharing sattings
  • Lakukan setting pada semua pilihan pada posisi on kecuali protect setting pada posisi off password protect setting kemudian Save changes.
  • Lakukan pengecekan untuk memastikan semua client bisa membuka folder di server. Jika jumlah client lebih dari 20 maka sebaiknya ditentukan tertentu mengakses server tertentu. Misalkan jika siswa berjumlah 28 orang , ditentukan bahwa  client no 1 sampai dengan client no 15 mengkases folder di server usbk-01, sedangkan client no 16  sampai dengan client no 28 mengakses server usbk-02 .
Baca : Cara Sharing Folder

   b. Persiapan Soal
  1. Buat soal dengan aplikasi PTBK v4.20 , download disini
  2. Soal yang sudah siap untuk digunakan terlebih dahulu digandakan atau dicopy sejumlah siswa yang akan mengikuti penilaian dan diberi nomor urut sesuai no ujian.
  3. Misalkan , MYOB - 001, MYOB - 002, MYOB - 003 dan seterusnya. (MYOB adalah Nama mapel, sedangkan 001 adalah nomor ujian siswa)
  4. Untuk menggandakan soal ini bisa secara manual, artinya file dicopy dan paste, kemudian di ganti nama filenya (Rename) dengan menambah nomor ujian.
  5. Untuk memudahkan bisa menggunakan aplikasi menggandakan file, seperti Advance Renamer  atau aplikasi sejenis lainnya.
Baca : Menggandakan file dengan Advance Renamer.

   c. Rekap Nilai
  • Untuk memantau dan rekap nilai setelah siswa mengerjakan soal , gunakan file Rekap Nilai
  • Silakan Download file Rekap Nilai
  • File ini menggunakan fasilitas macros, penjelasan cara mengaktifkan macro silakan download DISINI atau link mirror DISINI




B. Pelaksanaan 
     a. Persiapan awal
  1. Sebelum ulangan dilaksanakan file soal yang sudah digandakan dicopy dan letakkan dalam  folder Soal USBK pada server yang telah di-share di semua client.
  2. Jika siswa lebih dari 20 orang maka jadikan dua kelompok, satu kelompok (misalkan MYOB - 001 s/d MYOB - 017) diletakkan di server01 dan satu kelompok lagi (misalkan MYOB - 018 s/d MYOB - 36) letakkan di server02.
  3. Persilakan siswa untuk menghidupkan pc/laptop dan membuka file soal melalui Network/jaringan sesuai nomor absen masing-masing.
  4. Siswa dengan nomor absen 1 , membuka soal MYOB - 001, siswa nomor absen 2, membuka soal MYOB - 002 , demikian seterusnya.
  5. Siswa diminta untuk mengisi Nomor Induk Siswa , secara otomatis nama akan tampil.selanjutnya siswa menyimpan kembali file soal. (Save)

Untuk memantau pekerjaan siswa, buka file Rekap Nilai yang sudah didownload tadi ( di atas)
File ini akan menampilkan data dan hasil pekerjaan siswa. File ini menggunakan fasilitas macro, oleh karena itu sebelum file dibuka, maka harus diaktifkan dulu macro pada ms excel, caranya :
  • Klik  Office Button , kemudian klik Excel Options
  • Pada jendela Excel Options klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Settings.
  • Klik Macro Settings , kemudian klik pilihan Enable all macros
  • Kemudian klik OK, dan OK lagi

Setelah macro diaktifkan ( dilakukan satu kali saja), selanjutnya buka file Rekap Nilai. Lakukan langkah berikut :
  • Isikan nama file soal pada kolom yang tersedia, misalkan MYOB.
  • Pada kolom NO SOAL , isikan nomor file sesuai penempatan soal di masing-masing server. Misalkan untuk server usbk-01 file MYOB - 001 sampai dengan MYOB - 012 , untuk server usbk-02 file MYOB - 013 sampai dengan MYOB - 024 , dan server usbk-03 file MYOB - 025 sampai dengan MYOB - 035.
  • Klik tombol PROSES
  • Blok/pilih range identitas yaitu E2:E5 , tekan tombol F2 kemudian enter, pada keyboard. Lakukan berulang sampai identitas soal tampil.
  • Blok/pilih range untuk kolom NIS/NO UJIAN, NAMA, dan NILAI yang berisi formula/rumus. Tekan tombol F2 kemudian enter, pada keyboard. Lakukan berulang sampai semua data tampil, kecuali nilai yang masih kosong.
  • Jika semua NIS dan Nama siswa sudah tampil maka siswa siap untuk mengerjakan soal

   b. Mengerjakan Soal
  1. Sebelum mulai mengerjakan soal berikan Token kepada siswa, sesuai token yang ada pada file soal, misalkan ABC.
  2. Siswa mengisi Kode Pembuka soal dengan gabungan antara No Ujian dengan Token, misalkan No Ujian 087, maka Kode Pembuka Soal adalah 087ABC.
  3. Selanjutnya siswa bisa mulai mengerjakan soal dengan klik tombol Mulai Kerjakan Soal.
  4. Cara menjawab soal cukup dengan klik bulatan yang ada di depan masing-masing pilihan jawaban soal. Jika ada perubahan pilihan jawaban cukup klik pilihan jawaban yang lain. Jika sudah memilih jawaban maka nomor pada indikator soal akan berubah warna menjadi pink. 
  5. Untuk menjawab soal berikutnya, klik tombol Next. Bisa juga dengan klik no yang ada pada indikator soal di bagian kanan, maka akan tampil soal sesuai nomor yang diklik.
  6. Jika semua soal sudah selesai dikerjakan atau waktu mengerjakan sudah habis, maka siswa diminta klik tombol Selesai.
  7. Akan tampil halaman konfirmasi, pada halaman ini klik tombol selesai  dan file disimpan kembali (Save)


 c. Pengolahan Nilai
Setelah semua siswa menyimpan kembali file soal, selanjutnya guru dapat melihat nilai siswa melalui file Rekap Nilai. 
Caranya :
  1. blok/pilih range nilai kemudian tekan tombol F2 kemudian enter pada keyboard. Lakukan langkah ini secara berulang sampai semua nilai siswa tampil.
  2. Terakhir klik tombol SELESAI.
  3. Setelah perekapan nilai selesai siswa dapat menutup file soal, kemudian menutup aplikasi ms excel dan windows.


Secara detail silakan
Link Mirror

Download Rekap Nilai
Mirror
Download Rekap nilai


Blog, Updated at: Saturday, February 25, 2017

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Search This Blog

Popular Posts