Modul Aplikasi Pengolah Angka Spreesheet Bagian 1

Posted by

Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data kedalam bentuk table. Excel merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font, atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik. Ruang lingkup isi dalam Mengoperasikan perangkat  lunak pengolah angka ini adalah :
  • Mempersiapkan perangkat  lunak  pengolah angka Ms. Excel 2007
  • Mengenali menu lembar kerja
  • Mengelola dokumen (membuat, membuka, menyalin)


Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini, maka unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya adalah  Mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata

Petunjuk Penggunaan  modul
Pemelajaran yang dilaksanakan menggunakan sistem Self Based Learning atau sistem pemelajaran mandiri. Diharapkan seluruh peserta didik dapat belajar secara aktif dengan mengumpulkan berbagai sumber selain modul ini, misalnya melalui majalah, media elektronik maupun melalui internet.
Dalam modul ini dituntut tersedianya bahan ajar yang lengkap yang meliputi :
unit komputer yang siap digunakan;
  • sistem operasi yang legal dan siap digunakan;
  • buku manual perangkat lunak pengolah angka 
  • SOP dalam pengoperasian perangkat lunak pengolah angka
  • Guru atau instruktur berperan sebagai fasilitator dan pengarah dalam semua materi di modul ini, sehingga diharapkan dapat terjadi komunikasi timbal balik yang efektif dalam mempercepat proses penguasaan kompetensi peserta didik.


Tujuan Akhir 
Hasil yang diharapkan Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat :
  • Membuka dan menutup Lembar kerja
  • Mengoperasikan fungsi menu-menu lembar kerja
  • Melakukan editing sederhana meliputi mengetik, memformat (font,alignment, data).
  • Melakukan editing kolom dan baris (menentukan lebar, tinggi, border dan shading)
  • Menjalankan fitur-fitur copy, cut dan paste
  • Menggunakan fungsi rumus sederhana seperti : +,-,*,/,sum,average, if, lookup, teks.
  • Membuat  grafik, menyisipkan picture dan wordart
  • Melakukan pencetakan baik ke lembar kerja maupun ke printer dan mencetak grafik

Kompetensi
Kompetensi yang akan disampaikan pada modul ini adalah mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka Ms. Excel 2007

Cek kemampuan
Sebelum mempelajari modul ini siswa diharapkan bisa mengoperasikan perangkat lunak pengolah kata contohnya ms word
Tujuan pembelajaran 
Setelah melewati pembelajaran I ini siswa dapat memulai mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka yaitu :
  • Sejarah Ms. Excel
  • Mengenali menu lembar kerja 
  • Mengelola dokumen (membuat, membuka, menyimpan, menutup)


Sejarah Microsoft Excel 
Pada tahun 1982, Microsoft membuat sebuah program spreadsheet yang disebut dengan Multiplan, yang sangat populer dalam sistem-sistem CP/M, tapi tidak dalam sistem MS-DOS mengingat di sana sudah berdiri saingannya, yakni Lotus 1-2-3. Hal ini membuat Microsoft memulai pengembangan sebuah program spreadsheet yang baru yang disebut dengan Excel, dengan tujuan, seperti yang dikatakan oleh Doug Klunder, “do everything 1-2-3 does and do it better/melakukan apa yang dilakukan oleh 1-2-3 dan lebih baik lagi”.
Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS. Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel 12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah Microsoft Excel 2004.
Pada awal-awal peluncurannya, Excel menjadi sasaran tuntutan perusahaan lainnya yang bergerak dalam bidang industri finansial yang telah menjual sebuah perangkat lunak yang juga memiliki nama Excel. Akhirnya, Microsoft pun mengakhiri tuntutan tersebut dengan kekalahan dan Microsoft harus mengubah nama Excel menjadi “Microsoft Excel” dalam semua rilis pers dan dokumen Microsoft. Meskipun demikian, dalam prakteknya, hal ini diabaikan dan bahkan Microsoft membeli Excel dari perusahaan yang sebelumnya menuntut mereka, sehingga penggunaan nama Excel saja tidak akan membawa masalah lagi. Microsoft juga sering menggunakan huruf XL sebagai singkatan untuk program tersebut, yang meskipun tidak umum lagi, ikon yang digunakan oleh program tersebut masih terdiri atas dua huruf tersebut (meski diberi beberapa gaya penulisan). Selain itu, ekstensi default dari spreadsheet yang dibuat oleh Microsoft Excel hingga versi 11.0 (Excel 2003) adalah *.xls sedangkan mulai Microsoft Office Excel 2007 (versi 12.0) ekstensi default-nya adalah *.xlsx yang mendukung format HTML namun dengan isi yang sama memiliki ukuran file yang lebih kecil jika dibandingkan dengan versi-versi Excel sebelumnya.
Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antarmuka yang digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang paling disukai.
Sejak tahun 1993, Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet. Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya. Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.

Lembar Kerja Ms. Excel
Microsoft Excel merupakan program dari Microsoft Office yang dikhususkan untuk pengolahan lembar kerja (worksheet) atau biasa dikenal dengan istilah spreadsheet program. Excel biasa identik dengan pengolahan angka, dengan menggunakan Excel kita dapat membuat proposal biaya, rencana bisnis, form aplikasi, buku kerja akuntansi, dan masih banyak jenis dokumen lain yang memerlukan perhitungan angka. Selain itu lembar kerja Excel juga dapat menampilkan data dalam bentuk grafik dan gambar. Pengolahan database sederhana juga dimungkinkan dalam aplikasi Microsoft Excel 2007.
Microsoft Excel 2007 memiliki tampilan antarmuka berbeda dari versi – versi sebelumnya. Daftar perintah yang biasa dikelompokkan dalam menu, kali ini dikelompokkan dalam beberapa tab yaitu : Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, dan View.
Masing-masing kategori memiliki toolbar yang dikelompokkan sesuai dengan kriterianya dan dapat diakses secara cepat dan mudah. 

Langkah – langkah dalam memulai Microsoft Excel
  • Aktifkan komputer terlebih dahulu
  • Klik tombol Start pada taskbar
  • Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
  • Kemudian klik Microsoft Excel 2007

Gambar : Tampilan Microsoft Excel 2007
Keterangan
  1. Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close. 
  2. Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah. 
  3. Menu Bar/Tab, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View. 
  4. Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif. 
  5. Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan  digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah. 
  6. Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja. 
  7. Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box. 
  8. Formula Bar, anda  bisa mengedit data pada sebuah sel. 
  9. Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal. 
  10. Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD. 
  11. Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576. 
  12. Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah. 
  13. Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya. 
  14. Status Bar, Status lembar kerja anda. 
  15. Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif. 
  16. Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke 
  17. kanan. 
  18. Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah. 
  19. Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview. 
  20. Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.

Menginputkan Data Dalam Sel
  • Pilih / klik sel tempat data yang akan dimasukkan
  • Ketikan data yang akan dimasukkan
  • Tekan enter untuk mengakhirinya
  • Untuk mengedit data yang telah diketik, tekan F2 atau Double klik di sel yang mau


Tombol Penggerak Pointer Microsoft Excel pada Keyboard
Untuk anda dapat bekerja dengan baik dan cepat dalam Excel 2007, anda dapat memanfaatkan beberapa konfigurasi khusus Keyboard untuk menggerakkan pointer/kursor. 

Berikut daftar tombol-tombol penggerak pointer :



Intruksi-intruksi Blok (memilih area) Ms. Excel 2007

a. Intruksi menggunakan Mouse
    PERINTAH FUNGSI
  • Klik batang kolom (Column Headers) Memblok 1 kolom
  • Klik batang baris (Row Headers) Memblok 1 baris
  • Klik + Seret mouse (drag) Memblok sekumpulan data (range)
  • Ctrl + Klik atau seret Memblok beberapa range


b. Intruksi menggunakan keyboard

    TOMBOL FUNGSI
  • Shift + Anak panah kanan Memblok 1 cell ke kanan
  • Shift + Anak panah kiri Memblok 1 cell ke kiri
  • Shift + anak panah bawah Memblok 1 cell ke bawah
  • Shift + Anak panah atas Memblok 1 cell ke atas


Ebook Modul ini dapad diunduh pada link di bawah ini


Blog, Updated at: Friday, July 15, 2016

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Blog Archive

Search This Blog

Popular Posts