Aplikasi Administrasi Guru

Posted by

Setiap awal tahun pelajaran atau awal semester guru pasti harus melengkapi diri dengan administrasi sebagai persiapan untuk melaksanakan pembelajaran.
Mengapa administrasi pembelajaran begitu penting bagi guru? 
Kelengkapan administrasi pembelajaran sangat penting disiapkan guru agar pembelajaran yang dilakukan menjadi menyenangkan, dan mengundang siswa untuk aktif di dalamnya. Guru dan siswa sama-sama belajar.
Proses pemelajaran terlaksana secara terencana, bertahap, dan berpola sehingga output bisa sesuai dengan yang direncanakan dan sesuai dengan tujuan nasional pendidikan.
Memudahkan guru dalam mengidentifikasi materi yang akan disampaikan serta menjadi bahan masukan untuk proses pembelajaran perikutnya.
Yang paling penting adalah administrasi guru menjadi dokumen bukti dalam Penilaian Kinerja Guru (PK Guru)
Beberapa Administrasi Pokok yang Harus disiapkan oleh guru antara lain :
  1. Rencana Tindak ( Action Plan)
  2. Jadwal Mengajar
  3. Analisis Waktu Diklat
  4. Program Pembelajaran
  5. Rencana  Penilaian Kelas
  6. Kalender Pendidikan
  7. Silabus
  8. Daftar Hadir Siswa
  9. Daftar Nilai Siswa
  10. Jurnal Pembelajaran
  11. Perbaikan dan Pengayaan
  12. Jurnal Siswa
  13. Daftar Buku Pegangan
  14. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

  • Jadwal mengajar tentu saja disiapkan oleh bagian pengajaran atau kurikulum di sekolah masing-masing. Tetapi jadwal ini harus ada dalam dokumen administrasi agar guru selalu tahu jadwal yang tepat untuk mengajar,
  • Analisi Waktu Diklat adalah menentukan jumal jam pertemuan setiap kompetensi dasar yang akan diajarkan sesuai dengan jumlah alokasi jam yang tersedia untuk setiap mata pelajaran serta jam tatap muka riil sesuai kalender pendidikan. Penentuan alokasi waktu tentu saja disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing serta pengalaman pembelajaran tahun sebelumnya
  • Program Pembelajaran berisi rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai kalender pendidikan, bisa berbentuk matrik atau tabel untuk memudahkan dalam mengidentifikasi penyampaian materi
  • Rencana Penilaian Kelas tentu saja untuk memudahkan dalam pelaksanaan penilaian. Sebenarnya menurut Pedoman Penilaian yang dikeluarkan oleh Direktorat Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa rencana penilaian  ada dua bentuk, yakni berdasarkan metoda penilaian dan perencanaan penilaian perkegiatan. Namun anda bisa juga melakukan modifikasi yaitu gabuangan keduanya. Ini sebagaimana yang bisa anda download disini.
  • Kalender Pendidikan di setiap sekolah tentu saja disesuaikan dengan rencana kegiatan sekolah selama satu tahun pelajaran. Penyusunan Kalender Pendidikan tentu mengacu pada kalender pendidikan nasional, yang kemudian di sesuaikan oleh dinas pendidikan di daerah masing-masing.
  • Silabus wajib dimiliki oleh seorang guru, karena perencanaan pembelajaran serta materi yang akan diajarkan harus sesuai dengan silabus. Pembelajaran kurikulum 2013 harus berdasarkan acuan patokan. artinya materi yang disampaikan kepada peserta didik sesuai SKL dan silabus yang telah ditentukan, bukan berdasarkan buku apalagi berdasarkan penguasaan materi oleh guru.
  • Daftar Hadir dan Daftar Nilai wajib dimiliki sebagai dokumen pemberian nilai akhir yang dituangkan pada Laporan Hasil Belajar Siswa (Rapor). Semua hasil penilaian harus terekam dengan baik sehingga jika suatu saat ada siswa atau orang tua siswa yang keberatan atas nilai yang diberikan oleh guru, maka dokumen ini menjadi penting.
  • Jurnal pembelajaran seringkali dilupakan oleh guru, padahal dokumen ini sangat penting, apalagi guru yang mengajar di banyak kelas yang paralel. Karena dalam jurnal ini akan terekam catatan materi yang sudah disampaikan kepada setiap kelas. Sehingga tidak perlu guru setiap masuk kelas menanyakan kepada siswa pertemuan sebelumnya sampai dimana?
  • Perbaikan dan Pengayaan merupakan dokumen setelah melaksanakan penilaian, untuk menentukan siswa yang perlu perbaikan nilai ataupun pengayaan.
  • Jurnal siswa berisi catatan-catatan khusus yang terjadi di kelas, seperti adanya pelanggaran tata tertib siswa serta bagaimana penyelesaianya oleh guru, termasuk tindak lanjut yang harus dilakukan. Juga menjadi rekaman yang dapat disampaikan kepada wali kelas berkaitan dengan penilaian sikap peserta didik.
  • Daftar Buku Pegangan Guru juga merupakan bagian administrasi yang harus ada , sehingga memudahkan dalam penyampaian materi pembelajaran.
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dikenal RPP merupakan dokumen wajib bagi guru. Penyusuna RPP ini memang sebaiknya melalui beberapa tahapan sehingga tercipta RPP yang benar-benar dapat diterapkan dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran. 
Baca : Langkah Mudah Penyusunan RPP

Demikianlah beberapa jenis administrasi guru yang harus anda miliki.
Untuk memudahkan anda berikut ini bisa anda download gratis aplikasi Administrasi Guru yang langsung bisa anda gunakan.





Blog, Updated at: Thursday, July 14, 2016

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Blog Archive

Search This Blog

Popular Posts