Beberapa
hari ini kegiatan saya cukup padat, sehingga tidak sempat menulis
artikel lagi. Kali ini saya benar-benar kangen untuk menulis di blog
kesayangan ini. Meskipun masih sibuk dengan pekerjaan saya sempatkan
menulis sekedar untuk menghilangkan kejenuhan.
Meskipun
tulisan ini sebagai selingan kegiatan tetapi mungkin saja diantara
sekian pembaca memerlukan tips ini , judulnya Mengubah Nilai Ms Excel
Menjadi Teks.
Biasanya ini diperlukan jika anda akan mencetak sertifikat, ijazah atau transkrip nilai yang berkaitan dengan tabel Ms Excel kemudian akan dicetak melalui Ms Word dengan fasilitas Mail Merge.
Biasanya ini diperlukan jika anda akan mencetak sertifikat, ijazah atau transkrip nilai yang berkaitan dengan tabel Ms Excel kemudian akan dicetak melalui Ms Word dengan fasilitas Mail Merge.
Formula
ini diperlukan terutama jika anda memerlukan tabel di MS Excel yang
akan di Mail Merge melalui Ms Word. Jika nilai di Ms Excel masih
formatnya Value, maka jika di tampilkan melalui Ms Word ( dalam Mail
Merge ) akan tampil angka dengan desimal yang panjang meskipun di dalam
sel Ms Excel sudah diformat untuk 2 (dua) desimal.
Demikian juga jika nilai di Ms Excel sudah diformat dua desimal, misalkan 8,50 , tapi jika di tampilkan dalam Ms Word dengan Mail Merge akan menjadi 8,5.
Ada suatu langkah sederhana untuk menampilkan data dari Ms Excel pada Ms Word dengan fasilitas Mail Merge agar sesuai dengan keinginan.
Demikian juga jika nilai di Ms Excel sudah diformat dua desimal, misalkan 8,50 , tapi jika di tampilkan dalam Ms Word dengan Mail Merge akan menjadi 8,5.
Ada suatu langkah sederhana untuk menampilkan data dari Ms Excel pada Ms Word dengan fasilitas Mail Merge agar sesuai dengan keinginan.
Formula
ini biasanya digunakan untuk membuat Daftar Nilai Siswa yang bersumber
dari tabel Ms Excel dan ditampilkan untuk dicetak/print pada Ms Word
melalui Mail Merge.
contoh : tabel dalam Ms Excel
Gambar. 1
Tampilan dalam ms Word dengan mail merge :
Gambar. 2.
Perhatikan
Gambar 1 di atas, data asli dari Ms Excel tampilan formatnya 2 desimal,
tetapi tampil di Ms Word banyak desimal, dan yang nilai angka bulat (
80,00 ) tampil di Ms Word menjadi 80 , tanpa desimal.
Agar
tampilan di Ms Word menjadi seragam, misalkan menjadi nilai dengan 2
(dua) desimal , maka nilai di Ms Excel harus diubah menjadi teks dengan
dua digit di belakang koma.
Untuk ini kita menggunakan formula FIXED.
Caranya;
Coba buat tabel di Ms Excel sebagai berikut :
Letakkan kursor pada sel F2, kemudian tulis Formula berikut :
=FIXED(B2;0)
Selanjutnya
copy formula sel F2 untuk range E2:I6. , selanjutnya isi judul kolom
dengan ditambahkan angka 1 atau sesuai keinginan anda. Simpan file
kembali.
Jika anda menampilkan nilai tersebut dalam Ms Word dengan fasilitas Mail Merge maka akan tampak sebagai berikut :
Oke
, demikian dulu untuk hari ini, semoga bermanfaat, jika anda memerlukan
trik lain yang berkaitan dengan Ms Excel silakan komen ya.
0 comments:
Post a Comment