Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) dengan PTBK V4.20

Posted by

 Meskipun judul postingan ini Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) tetapi aplikasi ini bisa untuk Ulangan Semester, atau Ulangan Tengah Semester, bahkan Ulangan Harian bisa berbasis komputer. Oleh karena itu aplikasi ini saya beri nama Penilaian Tertulis Berbasis Komputer (PTBK)
Sebelumnya saya telah merilis Penilaian Tertulis Berbasis Komputer (PTBK) V4.10, kali ini saya sempurnakan menjadi PTBK V4.20. Penyempurnaan ini tentu saja untuk memberikan kemudahan baik bagi guru yang akan membuat soal maupun memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi siswa yang menjawab soal.
Beberapa fitur perubahan atau tambahan antara lain :
Pada menu utama jika NIS/No Ujian diisi akan muncul peringatan agar siswa menyimpan file sebelum melanjutkan memjawab soal. Langkah ini penting jika ujian dilaksanakan menggunakan jaringan, karena dengan soal disimpan maka pada komputer proktor/server data siswa akan tampil.
Pada halaman soal siswa bisa langsung klik pilihan jawaban, pada versi sebelumnya jawaban siswa diisikan pada kolom di bagian bawah pilihan jawaban
Fitur lainnya yang diberikan pada PTBK V4.20 adalah pilihan yang diberikan kepada penyusun soal, apakah nilai akhir bisa dilihat atau tidak oleh siswa jika sudah selesai mengerjakan soal. Pilihan ini diberikan karena tidak semua jenis penilaian bisa dilihat nilai akhirnya oleh siswa. Kalau untuk ulangan harian mungkin sebaiknya nilai akhir bisa dilihat oleh siswa sehingga bisa langsung menjadi masukan untuk tindak lanjut apakah perlu remidi atau pengayaan.
Pada bagian akhir yaitu setelah siswa selesai mengerjakan soal akan tampil halaman konfirmasi yang berbeda dengan versi sebelumnya. Pada Versi ini Halaman konfirmasi dengan tampilan yang lebih elegan serta ada peringatan untuk siswa jika masih memiliki waktu. Disamping itu jika klik Selesai maka akan tampil teks peringatan:
Anda Sudah Selesai  
Silakan Simpan File atau tekan Ctrl+S 
pada keyboard. Kemudian Tutup File atau Exit  
Demikian juga jika penyusun soal mengijinkan siswa untuk melihat nilai maka pada bagian bawah akan tampil Teks LIHAT NILAI yang berisi link untuk menuju nilai perolehan siswa. Tapi jika penyususn soal tidak mengijinkan maka teks ini tidak akan muncul.
Kemudian kelebihan yang benar-benar membedakan PTBK V4.20 dengan versi sebelumnya bahwa dalam versi ini setiap soal bisa diisikan untuk 4 (empat) paket soal. Jadi setiap siswa akan mengerjakan paket soal yang berbeda sesuai NIS/No Ujian yang telah ditentukan. 
Penulisan soal untuk PTBK V4.20 cukup mudah terutama materi tes yang hanya menggunakan teks. Untuk soal yang menggunakan gambar ada sedikit trik untuk membuatnya apalagi jika untuk paket soal yang lebih dari satu. Namun demikian jika sudah terbiasa maka saya yakin ini akan menjadi mudah.
Jika aplikasi ini akan digunakan secara serentak dalam jaringan ada cara khusus, sehingga guru/proktor cukup di depan server dan ketika siswa selesai mengerjakan soal maka rekapan nilai siswa bisa langsung tampil dan disimpan.

 ________________________________________________________________________________
Silakan baca : Cara Ujian Sekolah Berbasis Komputer (CBT ) Dengan PTBK V4.20
Cara mengerjakan
  1. Siswa membuka file, kemudian mengisi atau memilih list  NIS atau No Ujian pada kolom NIS/No Ujian. Disarankan agar siswa memilih list NIS atau No Ujian untuk menghindari kesalahan. Nama siswa akan otomatis tampil pada kolom nama.
  2. Selanjutnya persilakan siswa untuk menyimpan file ata dengan menekan Ctrl+S
  3. Pada saat guru memberikan token maka Isi Kode Pembuka soal, yaitu gabungan antara NIS/No Ujian dengan Token. Misalkan no Ujian 312 dan token ABCD, maka kode pembuka soal menjadi 312ABCD.
  4. Tanpa kode pembuka soal maka soal tidak bisa tampil.
  5. Selanjutnya klik Mulai Mengerjakan Soal, dan siswa  klik pilihan jawaban pada huruf di depannya yang berisi bulatan kecil.
  6. Jika sudah selesai menjawab atau waktu sudah habis klik tombol SELESAI, kemudian pada sheet Konfirmasi klik Selesai. Jika masih ada waktu siswa bisa memilih Tidak dan akan kembali ke sheet soal no 1.
  7. Jika sudah klik selesai persilakan siswa untuk menyimpan file, dan jika oleh guru disetting nilai bisa dilihat, maka siswa bisa langsung melihat nilainya. Tapi jika setting nilai tidak bisa dilihat maka link untuk melihat nilai tidak tampil.

Nah jika anda berminat untuk mencoba silakan unduh :

Pada saat saya menulis artikel ini saya sudah memperoleh inspirasi untuk membuat PTBK V.5.00. Pada versi ini aplikasi akan disertai dengan timer, sehingga jika waktu mengerjakan soal sudah habis maka siswa tidak bisa lagi mengerjakan soal.
Namun demikian untuk saat ini PTBKV4.20 sudah lebih dari cukup dan layak untuk bisa menjadi aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer. Karena aplikasi ini sudah saya gunakan di sekolah saya sendiri dan berhasil dengan baik.

Selamat melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Komputer.
Terima kasih, jangan lupa komen ya.... 


Blog, Updated at: Monday, August 01, 2016

6 comments:

  1. terima kasih gan..., sudah saya coba perseorangan, tidak secara clien. ketika identitas sudah masuk semua, kode pembuka soal juga sudah masuk ketika mulai mengerjakan soal ternyata pada halaman soal, soal dan jawaban tidak muncul. tolong beri solusinya, bisa via e-mail ys.aisna@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ada yg tidak sesuai dg prosedur pengisian, untuk mengetahui dimana kesalahannya, mohon kirim file pekerjaan anda ke email sy iwanyasa@gmail.com

      Delete
    2. setelah sy cek file bapak, tidak ada yg salah, sudah benar pembuatan soalnya, kesalahannya adalah menulis kode pembuka soal.
      Kode pembuka soal adalah gabungan antara NIS dengan token

      Delete

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Blog Archive

Search This Blog

Popular Posts