Cara Mudah Mengatasi Berat Badan Naik Terus

Posted by

Mengapa Berat Badan Kita Naik?
Segala sesuatu yang terjadi pada diri kita berkaitan dengan  kesehatan, berat badan dan segala aspek kehidupan kita , sebagian besar adalah disebabkan karena KEBIASAAN kita  dalam beberapa tahun kebelakang. Atau orang biasanya menyebut dengan HABIT!
Sebagai contoh, orang yang memiliki masalah jantung koroner adalah disebabkan salah satunya karena kebiasaan merokok yang telah bertahun-tahun dilakukan. Yang artinya, orang tidak langsung terkena masalah jantung koroner hari ini karena menghisap satu batang rokok kemarin. Kalau kita merokok satu batang rokok kemudian langsung terkena jantung koroner, kita pasti akan berhenti merokok dengan segera.
Tapi sayangnya akibat dari kebiasaan kita biasanya tidak akan muncul untuk beberapa masa ke depan. Jadi orang merasa bahwa merokok hari ini nampaknya tidak akan menimbulkan masalah apa-apa untuk saat ini, dan akhirnya mereka menjadikan kebiasaan merokok tersebut sebagai HABIT!
Sama halnya dengan berat badan atau kesehatan yang kita miliki saat ini. Berikut adalah  gambaran mengapa anda naik berat badan
Badan kita terdiri dari milyaran sel yang pada dasarnya setiap sel di dalam tubuh kita membutuhkan nutrisi atau gizi yang terbaik supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik pula. (mirip seperti kalau anda punya mobil Mercedez Benz, anda akannmemberikan bensin yang terbaik, oli yang terbaik dsb)
Tapi berbeda dengan mobil, badan kita tidak ada spare part atau suku cadangnya. Kalau ginjal kita rusak, tidak ada orang yang jualan ginjal di toko. Nah, kalau badan kita membutuhkan gizi yang tebaik, sekarang mari kita lihat apa yang kita makan sehari-hari. Apa yang kita makan sehari-hari biasanya:

  1. Terlalu banyak Lemak
  2. Tinggi Kolesterol (kita semua suka apapun yang digoreng)
  3. Terlalu banyak gula
  4. Terlalu banyak garam
  5. Terlalu banyak protein hewani
  6. Kurang Vitamin, mineral yang dibutuhkan tubuh
  7. Kurang air putih
  8. mengandung karsinogen (zat yang timbul karena proses memasak seperti dibakar atau dipanggang. Zat ini yang dapat memicu timbulnya masalah seperti kanker)
  9. Kurangnya Aktifitas


Sekarang, mengapa kita makan makanan seperti diatas?

  1. Kenyamanan. Sekarang sebagian besar orang tidak punya waktu untuk memasak. Kita lebih memilih makanan yang siap saji atau cepat saji yang biasanya sudah tidak memiliki kandungan gizi
  2. Rasa. Kita memilih makanan berdasarkan rasa. Bukan kandungan nutrisi.
  3. Sebagai contoh kita selalu tanya ke orang “restoran yang enak dimana ya?” bukannya “restoran yang bergizi dimana ya?” Makanan yang enak biasanya memiliki kadar nutrisi yang rendah.
  4.  Kita tidak tahu apa yang seharusnya kita makan 


Ditambah lagi dengan faktor lingkungan seperti:
1. Buah-buahan dipetik sebelum matang yang membuat nilai nutrisinya belum sempurna
2. Terlalu banyak pemupukan
3. Pestisida
4. Polusi

Intinya adalah apa yang kita makan tidak memiliki keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam jangka panjang orang akan memiliki masalah dengan berat badan dan kesehatan.
Seperti yang dijelaskan oleh Badan Kesehatan Sedunia atau WHO, 70% kematian dini saat ini disebakan oleh masalah sepert diabetes, jantung, stroke, dan kanker. Lebih jauh, WHO mengatakan kalau 50% penyebabnya adalah nutrisi yang buruk atau lebih simpelnya adalah Makanan yang kita makan sehari-hari. Jadi seperti yang saya katakan, keadaan anda saat ini adalah karena HABIT atau kebiasaan anda selama bertahun-tahun anda lakukan.
Melihat Sejarah Kenaikan Berat Badan Anda

Salah satu cara terbaik untuk melihat masa depan anda adalah melihat masa lalu anda. Cara terbaik untuk melihat apa yang akan terjadi dengan berat badan anda adalah dengan menanyakan kepada diri anda hal-hal berikut
1. Berapa berat anda saat ini?
2. Berapa berat anda 5 tahun yang lalu?

Sebagai contoh, jika berat badan anda saat ini adalah 70 kg dan 5 tahun yang lalu berat badan anda 55 kg. Seperti yang di jelaskan diatas, kenaikan berat badan anda adalah karena HABIT. Meskipun ada beberapa orang yang naik secara drastis karena proses kehamilan, yang penting adalah apa yang menjadi habit anda selama masa kehamilan yang 9 bulan itu. Apakah anda banyak ngemil makanan yang tidak sehat? Terlalu banyak makan yang sebetulnya tidak dibutuhkan?

Sekali lagi adalah Kebiasaanlah yang membuat keadaan anda saat ini. Jadi seperti contoh diatas, artinya dalam 5 tahun terakhir anda naik berat badan 15 kg (70kg – 55 kg). Jika anda tidak merubah kebiasaan anda selama 5 tahun terakhir, berat badan anda 5 tahun kedepan dapat diperkirakan akan naik extra 15 kg lagi! Dan kemungkinan besar anda akan mulai banyak mengalami masalah dengan kesehatan anda. Jadi saat ini adalah saat yang tepat untuk memulai kebiasaan baru yang akan merubah penampilan anda selamanya!

Berapakah Berat Badan Ideal Anda?
Banyak cara yang pernah kita dengar bagaimana untuk mengetahui berat ideal kita.
Berikut satu cara untuk menentukan berat ideal anda, dan cara ini dijadikan standar oleh WHO untuk menentukan berat badan ideal sesorang. Mereka menyebutnya Body Mass Index (BMI) Bagaimana menghitung BMI anda? Sangat sederhana.
Anda bagi berat badan anda dalam kg dengan tinggi badan anda dalam satuan meter yang dikwadratkan.

Contoh: tinggi ada 160 cm dan berat anda 75 kg
BMI anda adalah 75kg / (1,6 x 1,6)
Anda akan mendapatkan nilai 29,29 yang menjadi BMI anda.
Berikut adalah standar BMI untuk orang asia
BMI <18 Anda kekurangan berat badan atau terlalu kurus
BMI : 18,5 – 22,9 Anda memiliki badan yang ideal
BMI : 23 – 25
BMI >25

Jika anda kelebihan berat badan (over-weight) yaitu kegemukan yang berbahaya untuk kesehatan. Dari contoh diatas, jika BMI anda 29,29 artinya anda termasuk kategori obesitas.
Silahkan cek BMI anda sekarang!

Mengapa Sebagian Besar Cara-cara Turun Berat Badan Tidak Berhasil dan Mengapa Hasil Penurunannya Tidak Permanen?
Apakah anda pernah berpikir mengapa anda sulit menurunkan berat badan? Dan apakah anda pernah berpikir mengapa hasil yang anda dapatkan tidak permanen?
OK, sekarang anda bisa melihat di pasaran banyak sekali orang yang menawarkan program penurunan berat badan. Dari yang terdengar menakjubkan sampai yang menawarkan hasil yang instant.
Saya akan katakan 1 rahasia: Tidak ada penurunan berat badan yang instan!
Menurunkan berat badan memerlukan suatu proses dan proses tersebut menuntut ketekunan dan motivasi yang besar dari diri anda!
Nah, sekarang mengapa cara-cara yang umum dilakukan orang tidak berhasil? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, badan kita memerlukan nutrisi yang sempurna untuk menjalankan aktifitas kita sehari-hari.
Sebagian besar cara penurunan berat badan berhubungan dengan tidak makan atau menahan nafsu makan atau dengan cara-cara radikal dimana nafsu makan kita ditekan yang membuat kita merasa tidak ingin makan.
Ini adalah rahasia terbesar: Menahan lapar atau menekan nafsu makan adalah CARA TERBURUK dalam sejarah penurunan berat badan! Mengapa?

Lihat skema berikut


Mari Kita baca skema diatas.
Pada saat kita mulai kelebihan berat badan (Over-Weight), kita akan memiliki kecenderungan untuk mulai melakukan DIET dengan cara kita sendiri. Tapi saat kita mengurangi makan, otomatis kita akan mengurangi asupan nutrisi ke badan kita.

Badan kita akan mengalami yang dinamakan DEFISIENSI atau kurang nutrisi.
Jika dilanjutkan, anda akan mengalami KELAPARAN MAKRO & MIKRO biasanya diikuti rasa cepat lelah atau lesu. Dan jika keadaan ini terus berlanjut, badan anda akan menyerah atau BREAK-DOWN. Contoh umum adalah bermasalah dengan pencernaan sepert penyakit maag.
Kecenderungan badan kita, saat kita berhenti ber DIET dengan kurangnya asupan nutrisi adalah untuk menjadi “Rakus” dan kita akan makan lebih banyak dari sebelumnya atau OVER-EAT. Dan mudah ditebak jika kita OVER-EAT, kita akan kembali OVER-WEIGHT.
Dan proses ini berkelanjutan hingga bertahun-tahun karena orang biasanya akan berpindah dari satu diet ke diet yang lain. Jadi seperti lingkaran yang tidak ada jalan keluarnya. Akibatnya badan anda akan seperti “yo-yo!”

Naik-turun-naik-turun-naik-turun dan seterusnya!
Komitmen Anda

Sebelum saya berikan solusinya, anda harus membuat suatu komitmen untuk diri anda sendiri untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, berat badan yang ideal dan kesehatan yang optimal.
Komitmen anda adalah yang terpenting. Seperti yang saya katakan, ini adalah suatu proses dimana anda perlu kesabaran, dan ketekunan! Jika anda belum memiliki komitmen tersebut, jangan pernah berpikir untuk memulai!

OK, sekarang anda buat komitmen anda dan lakukan sekarang juga!
  • Berapa berat anda saat ini?
  • Berapa berat ideal yang anda inginkan?
  • Berapa ukuran baju anda saat ini?
  • Berapa ukuran baju yang anda inginkan?
  • Berapa ukuran celana anda saat ini?
  • Berapa ukuran celana yang anda inginkan?
  • Bagaimana dengan kesehatan anda saat ini?


Tuliskan komitmen anda di selembar kertas dan share atau bagikan komitmen anda pada orang yang anda sayangi dan peduli kepada anda karena mereka akan membantu anda selama proses penurunan berat badan anda

Sudah anda lakukan? (Penting untuk anda lakukan!)

Baik, saya akan berikan 3 Rahasia bagaimana mencapai berat badan ideal anda! 
Baca :  3 Rahasia Bagaimana Mencapai Berat Badan Ideal Anda
dan Mempertahankan Hasilnya! Guaranteed!


Blog, Updated at: Saturday, August 13, 2016

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Blog Archive

Search This Blog

Popular Posts