Bagian 1 : Membuat Data Awal Perusahaan
Membuat aplikasi akuntansi dengan Ms Excel tidaklah terlalu sulit, Penjelasan berikut ini anda dapat memanfaatkan untuk perusahaan jasa ataupun perusahaan dagang, skala kecil dan menengah.
Disamping itu yang saya bahas ini juga dapat enjadi pembelajaran baik untuk SMK jurusan akuntansi ataupun bagi anda yang masih kuliah dengan materi kuliah komputer akuntansi berbasis spreedsheet.
Dengan aplikasi ini nanti anda tinggal memasukkan data transaksi maka laporan keuangan akhir langsung bisa selesai. Untuk bisa sampai tuntas saya akan membuat beberapa postingan secara berurutan sehingga memudahkan anda dalam memahaminya.
Sebelum mulai sebaiknya Komputer anda disetting dengan regional Indonesia, karena ini berkaitan dengan formula-formula yang akan dibuat berikutnya. Ada perbedaan mendasar dalam pembuatan formula dengan setting regional Indonesia dengan Internasional.
Untuk melakukan setting silakan baca : Cara Setting Regional and Language Pada Windows
Baiklah kita mulai dari awal. Sebelum kita masuk pada materi berikutnya maka diawal kita harus menyiapkan data awal perusahaan.
MEMBUAT IDENTITAS PERUSAHAAN
Untuk keseragaman data maka pada sheet1 kita membuat identitas perusahaan sederhana sebagai berikut :
Selanjutnya sheet1 diganti nama menjadi ID, caranya :
Klik dua kali Sheet1 sehingga latar belakan huruf menjadi hitam, kemudian ketik nama sheet baru yaitu ID
Untuk panduan secara detail silakan download Ebook Membuat Aplikasi Akuntansi Dengan Ms Excel
MEMBUAT TABEL AKUN
Kunci utama pembuatan format akuntansi dengan excel adalah Tabel Akun. Untuk pembuatan tabel akun maka kita harus paham benar klasifikasi akun neraca.
Penomoran akun harus tersusun berdasarkan data value atau data label yang diurutkan ( sort ) secara Ascending ( dari yang terkecil sampai yang terbesar ).
Pada sheet2 ganti nama sheet menjadi AKUN dan buat tabel seperti di awah ini :
Formula fungsi Judul Tabel
Untuk judul tabel, sebaiknya kita beri formula, tujuannya, jika ada peruahan nama perusahaan atau periode akuntansi, maka perubahan cukup dilakukan pada sheet ID ( Identitas) maka semua sheet akan berubah secara otomatis.
Caranya :
- Letakkan kursor pada sel A1 kemudian ketik tanda sama dengan ( = )
- Selanjutnya klik sheet ID , kemudian klik pada sel B3 lalu enter
- Pada sel A2 ketik DAFTAR AKUN BUKU BESAR
- Pada sel A3 ketik :
- tanda sama dengan (=)
- tanda kutip dua (”)
- Per,
- spasi
- tanda kutip dua (”)
- simbol and (&)
- Selanjutnya klik sheet ID , kemudian klik pada sel B4 lalu enter
Formula pada tampak sebagai berikut
Sel A1 : =ID!$B$3
Sel A2 : DAFTAR AKUN BUKU BESAR
Sel A3 : ="Per, "&ID!$B$4
Perataan Judul Tabel
Agar tampilan kop tabel rata di antara dua kolom gunakan fasilitas toolbar Merge&Center dengan cara :
• Blok dari sel A1 sampai dengan sel A2 ( range A1:A2 )
• Kemudian klik ikon Merger and Center pada toolbar
• Langkah yang sama dilakukan untuk baris 2 dan baris 3
• Ukuran dan jenis Font disesuaikan
Perhatikan :
Untuk memudahkan dalam mempelajari materi ini sebaiknya pembuatan tabel akun dengan posisi sel yang persis sama dengan contoh. Misalkan pada sel A4 adalah untuk judul kolom NO AKUN, dan sel B4 untuk judul kolom NAMA AKUN, demikian seterusnya.
MEMBERI NAMA RANGE AKUN
Untuk keperluan pembuatan formula selanjutnya, tabel akun yang kita buat sebaiknya diberi nama dengan cara :
- Pada sheet AKUN blok tabel dari A5 sampai dengan sel B36
- Kemudian klik menu Insert, Name, Define,
- Selanjutnya akan muncul tampilan Define Name. Pada kolom Names in workbook tulis akun
- OK
MEMBUAT SALDO AWAL
Untuk Saldo Awal kita buat pada Sheet3. Ganti nama Sheet3 menjadi NS kemudian buatlah Kolom Neraca Saldo Awal sebagai berikut :
Pada kolom jumlah ( se C37 ) isilah rumus fungsi =SUM(C5:C36) untuk menjumlahkan Debet . Selanjutnya copy pada sel C37 untuk sel D37 sebagai penjumlahan Kredit.
Catatan :
Setiap sel debet atau kredit yang kosong di beri nilai nol (0) , jangan dibiarkan kosong karena ini akan berpengaruh pada formula fungsi buku besar.
Untuk panduan secara detail silakan download Ebook Membuat Aplikasi Akuntansi Dengan Ms Excel
pak minta tolong emailkan file excelnya? trims..
ReplyDeleteztha72@gmail.com
kok saya download gada terusannya ya?
ReplyDelete