Aplikasi Kwitansi dan Invoice Gratis Ms Excel

Posted by

Bagi anda yang berprofesi di bidang keuangan maka kwitansi dan invoice adalah bukan hal asing. Terkadang kita sering mengalami kesulitan saat membuat kwitansi atau invoice secara manual. Meskipun tidak terlalu berat tetapi jika intensitas pekerjaan yang menggunakan kwitansi atau invoice cukup tinggi maka masalah muali muncul antara lain :
  • Kelelahan, terutama karena jumlah yang banyak sehingga menulis angka dan teks yang banyak
  • Akibat kelahan maka kemungkinan akan timbul kesalahan-kesalahan dalam penulisan. Jika kesalahan yang kita buat kemudian diketahui maka akan segera dapat diperbaiki, tetapi jika kesalahan ersebut tidak kita ketahui maka bisa berakibat fatal, apalagi berkaitan dengan nominal.

Kali ini saya akan berbagi dengan anda beberapa aplikasi yang anda butuhkan dan bisa mempersingkat waktu pengerjaan sehingga mengurangi beban kerja anda .

KWITANSI V.1.0
Kwitansi adalah bukti penerimaan seseorang atas pembayaran sejumlah uang tertentu dari pembayar, apakah bendahara, teller, ataupun secara perorangan. Unsur utama kwitansi berisikan :
Pembayar, Penerima, nominal yang diterima/dibayarkan, dan teks terjemahan nilai nominal tersebut.
Yang sering terjadi permasalahan adalah penulisan teks diskripsi nominal yang dibayarkan, terlebih lagi jumlah nominal tersebut agak unik, misalkan Rp 4.001.500,- ( empat juta seribu lima ratus rupiah). Seringkali kita salah menulis teks tersebut. Kalau kwitansi yang kita buat jumlahnya banyak maka menulis teks ini juga akan menjadi maslaah tersendiri.
Untuk membantu anda saya mencoba membuat Kwitansi v.1.0 berbasis Ms Excel,bentuknya sederhana dan  mudah digunakan, anda cukup menuliskan besaran nominal dalam bentuk angka maka secara otomatis teks akan tampil pada kolom "sejumlah".
Jika menggunakan aplikasi ini anda bisa mengubah beberapa sel sesuai kebutuhan seperti, kop kwitansi , nama pembayar , nomor kwitansi dll. Jika anda membutuhkan bentuk khusus saya bisa membantu dalam bentuk yang Premium.

KWITANSI V.2.1
Kwitansi v.2.1 pada dasarnya sama dengan kwitansi v.1.0 , bedanya pada versi ini memiliki kelebihan yaitu nomor urut kwitansi secara otomatis. Hal ini biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan atau kantor yang membuat kwitansi dengan nomor khusus. Sehingga nomor kwitansi menjadi hal penting dan tidak boleh ganda. 
Setiap akan membuat kwitansi yang baru anda tinggal klik tombol Baru maka nomor kwitansi akan berubah menjdi nomor urut berikutnya, sehingga kesalahan penomoran ganda menjadi nihil.
Aplikasi ini menggunakan Ms Excel dengan fasilitas Macro , oleh karena itu sebelum membuka fle maka Ms Excel anda harus diaktifkan fasilitas Macro-nya. Untuk mengaktifkannya silakan baca : Cara Mudah Mengaktifkan Macro Pada Ms. Excel.


INVOICE
Invoice adalah surat yang menunjukkan jenis dan nilai yang harus dibayar oleh pemesan barang atau jasa tertentu. Berdasarkan invoice tersebut pembeli/pelanggan akan membayar, setelah penjual menerima pembayaran baru barang atau jasa diserahkan. Aplikasi yang saya berikan kepada anda ini memiliki kelebihan yaitu fasilitas Log Transaksi yang akan merekam secara otomatis semua transaksi invoice anda. Jadi meskipun anda membuat invoice baru maka catatan invoice sebelumnya terrekam sehingga pada saat pelanggan membayar invoice dengan nomor tertentu maka data tersebut masih ada.
Aplikasi ini juga menggunakan Ms Excel dengan fasilitas Macro.Untuk mengaktifkannya silakan baca : Cara Mudah Mengaktifkan Macro Pada Ms. Excel.


Jika anda memerlukan bentuk khusus kwitansi atau invoice sesuai kebutuhan atau premium , silakan kontak kami melalui iwanyasa@gmail.com

Link Mirror




Blog, Updated at: Sunday, August 07, 2016

1 comments:

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Blog Archive

Search This Blog

Popular Posts