Aplikasi SKP Bagi Guru Lengkap Untuk Semua Golongan dan Tugas Tambahan

Posted by

Guru yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil, setiap akhir tahun akan dilakukan penilaian kinerjanya oleh atasan langsung dalam hal ini Kepala Sekolah. Penilaian ini dilakukan sesuai dengan PP NO.46 TAHUN 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS dan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No 1 tahun 2013 tentang Ketentuan Pelaksanaan PP No 46 tahun 2011 Tentang Penilaian Prestasi Kerja PNS

Khusus Pegawai Negeri Sipil dengan jabatan fungsional guru maka penilaian kinerjanya disamping Penilaian Kinerja Guru (PKG) juga dinilai atas capaian prestasi Sasaran Kerja PNS (SKP). Sasaran kerja sebagai kontrak kerja guru selama satu tahun dibuat pada awal tahun dan nanti pada akhir tahun akan dinilai seberapa capaian kualitas sasaran kerja yang direncanakan.

Berikut ini saya membuat suatu aplikasi Sasaran Kinerja PNS (SKP) untuk guru yang lengkap untuk semua golongan dan termasuk tugas tambahannya. 
Aplikasi ini saya buat sesederhana mungkin sehingga Bapak/Ibu guru tidak perlu bingung dan repot dalam membuat sasaran kerjanya.
Secara garis besar cara menggunakannya adalah :

Aktifkan Macro pada Ms Excel
  • Aplikasi ini berbasis Ms Excel dengan fasilitas Macros, oleh karena itu maka sebelum file dibuka diaktifkan terlebih dahulu macros-nya dengan cara :
  • Klik Button Office/File (di pojok kiri atas) , kemudian klik Excel Option di bagian bawah
  • Kemudian pada tampilan Excel Option klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Setting
  • Pada tampilan Trust Center klik Macro Setting, dan pilih Enable all macros
  • Selanjutnya OK, OK, Ok sampai selesai.

Jika macro sudah aktif maka aplikasi siap digunakan, buka file maka akan tampil menu utama. Pada Aplikasi ini ada lima langkah, tetapi untuk guru yang dinilai cukup mengisi sampai langkah ketiga. Langkah keempat dan kelima dilakukan oleh pejabat penilai

1. Mengisi Identitas
Pada bagian ini anda mengisi identitas diri sebagai guru yang dinilai, kemudian mengisi data pejabat penilai sebagai atasan langsung yaitu Kepala sekolah . Dan terakhir mengisi data atasan pejabat penilai yaitu kepala dinas pendidikan.
Khusu untuk kolom Pangkat/Gol. Ruang diisi dengan memilih list yang tersedia yaitu dengan klik tanda list di bagian kanan kolom.

2. Mengisi Rencana Sasaran Kerja
Pada menu klik tombol Isian, Selanjutnya pada tampilan ini anda tingal mengisi tanda silang (x) di kolom bagian kiri yang berwarna kuning sesuai dengan sasaran kerja anda. Pilihan sasaran kerja pada aplikasi ini lengkap sesuai dengan Lampiran 1 Permenpan no 16 Tahun 2009 tentang Rincian Kegiatan Guru dan Angka Kreditnya.
Setiap bagian yang diberi tanda silang akan berubah warna menjadi biru , kemudian di bagian kanan yaitu kolom no 4 untuk jumlah dokumen diisi sesuai rencana dan kolom 6 untuk jangka waktu diisi juga.
Jika sudah selesai klik tombol Lanjut di bagian atas maka akan tampil Formulir Sasaran Kerja

3. Melengkapi Formulir Sasaran Kerja
Pada halaman ini klik tombol Proses (yang berwarna biru) maka akan tampil semua sasaran kerja yang anda pilih sebelumnya. Dicek dan jika diperlukan biaya silakan diisikan kolom biayanya.

Sampai disini maka bagi anda sebagai guru yang dinilai tugas anda sudah selesai, file tinggal disimpan (Save As) sesuai dengan nama anda dan serahkan kepada pejabat penilai.

4. Pengukuran
Jika anda sebagai penilai maka tugasnya adalah melanjutkan pengisian SKP ini pada akhir tahun. Dari menu utama klik tombol Pengukuran, Pada halaman ini klik tombol Proses (yang berwarna biru) kemudian isilah kolom Realisasi sesaui keadaan guru yang dinilai. Setelah diisi maka secara otomatis nanti akan tampil nilainya masing-masing.

5. Penilaian
Dari halaman pengukuran klik tombol lanjut maka tampillah lembaran penilaian prestasi kerja guru yang siap dicetak.

Demikian secara singkat saya berikan uraiannya, secara lengkap anda bisa unduh panduannya pada ling di bawah ini.


Link Download.


Blog, Updated at: Sunday, October 23, 2016

4 comments:

  1. Maaf kalau ada yg sdh download kemudian ada tombol proses yg minta password unprotect. File sdh sy perbaiki, silakan download ulang. Terima kasih

    ReplyDelete
  2. Suksma SKP nya... RPP ada gak boos yg SD

    ReplyDelete
  3. ternyata cuma panduan aja bos di donwlod skp gak ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, kemarin salah isi link... silakan download kembali, link sudah sy perbaiki. Maaf atas ketidaknyamanan ini.

      Delete

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Search This Blog

Popular Posts