Membuat Warna Berseling Pada Baris ms Excel

Posted by

Untuk memperindah tampilan suatu tabel , kita bisa membuat warna secara berseling antara baris yang satu dengan baris yang lain. 
dengan pemberian warna yang berseling, disamping untuk memperindah tabel, juga memudahkan pembaca untuk membedakan antara baris yang satu dengan baris yang lain.
Bisa saja kita hanya menggunakan garis kolom, tetapi tentu akan beda jika tampilan menggunakan warna. disamping untuk kemudahan membaca juga untuk memberikan kesan elegan pada tabel yang kita buat.
Jika barisnya tidak terlalu banyak sebenarnya anda bisa memberi warna secara manual. Artinya setiap baris diberi warna sendiri-sendiri.
Tapi jika jumlah baris yang akan anda beri warna jumlahnya lebih dari 20 bari, atau mungkin ratusan, maka tentu akan engalami kesulitan jika secra manual satu persatu. Nah berikut ini akan saya berikan tips sederhana agar semua baris yang ingin anda berikan warna secara berseling
Untuk keperluan ini kita hanya menggunakan fasilitas Conditional Formatting. Artinya kita memberikan format untuk kondisi tertentu. Sangat banyak fungsi dari fasilitas Conditional Formatting ini, seperti pemberian warna baik untuk font, fill dll untuk nilai tertentu, atau  situasi tertentu. Untuk saat ini saya hanya akan membahas tentang pemberian warna berseling, untuk yang lain akan saya bahan pada tulisan lainnya.

Oke langsung saja. Coba anda buat suatu tabel seperti di bawah ini, atau tabel lainnya sesuai kebutuhan anda


  1. Sekarang pilih/blok area atau range yang akan anda beri warna 
  2. Pada Menu Home, klik Conditional Formatting, kemudian pilih New Rule
  3. Pada jendela New Rule pilih Use a formula to determine which cells to format
  4. Kemudian pada kolom formula isi =MOD(ROW();2)=0
  5. Klik Format kemudian piih Fill
  6. Pilih warna yang anda inginkan, sebaiknya gunakan warna soft atau agak terang, agar nanti teks/tulisannya bisa jelas dapat dibaca.
  7. Selanjutnya klik OK, kemudian OK lagi.
  8. Nah sekarang area tadi sudah berisi warna secara berseling antara warna putih dengan warna pilihan.



Jika anda ingin memberi warna lain untuk menggantikan warna putih, bisa dilakukan secara langsung :
  • Blok area/range contohnya range A5:C20 
  • Kemudian pilih warna (fill color) sesuai pilihan yang berbeda dengan warna conditional Formatting tadi


Jika anda memerlukan videonya silakan KLIK DISINI



Blog, Updated at: Sunday, April 02, 2017

0 comments:

Post a Comment

Postingan Populer


Belajar MYOB Lengkap
DOLLAR GRATIS


Anda punya blog? Bisa dimanfaatkan untuk cari dollar. Salah satunya adalah dollar dari adf.ly dengan begitu mudah. Caranya hanya dengan mempersingkat url/link yang kita miliki di situs adf.ly, kemudian kita copy dan pada saat ada orang yang mengklik link adf.ly tersebut maka kita akan dikasih komisi dollar. Yaaa meskipun jumlahnya tidak gede tapi itu pun sudah cukup untuk membuat kita semangat mengupdate postingan blog kita.Pengalaman pribadi, saat ini sy sduah bisa mengumpulkan lebih dari $135
Untuk memulai tentu saja harus daftar dulu silakan buat akun adf.ly dulu klik disini.
Penjelasan lebih lanjut BACA DISINI




Kwitansi Excel
Bagi anda praktisi pembukuan yang mengalami kesulitan dalam mendesain kwitansi dimana bila anda mengentri suatu nilai maka secara otomatis transkrip atau terjemahan dalam bentuk teks akan muncul. Kami menyediakan file dalam ms. Excel praktis dan mudah dimanfaatkan. Mau coba? bisa download gratis DISINI
Powered by Blogger.

Drama Korea Murah Rp 3.000


Untuk Drakor maniak , kami menyediakan serial drakor murah, cuman Rp 3.000 per serial. Selengkapnya klik DISINI

Search This Blog

Powered By Blogger

Download E-book Gratis


Aplikasi CBT Mandiri seperti UNBK Praktis dan Mudah

Aplikasi CBT Mandiri adalah aplikasi untuk penilaian tertulis berbasis komputer secara mandiri oleh sekolah. Bisa digunakan untuk ujian sekolah, ulangan semester, ulangan tengah semester mupun ulangan harian yang berbasis komputer.Lengkap dengan analisis butir soal. Selengkapnya disini

Dollar Gratis Setiap Bulan

Dollar Gratis Setiap Bulan
Anda au dapet dollar setiap bulan seperti ini? Silakan Daftar

Laman

Search This Blog

Popular Posts