Laman

Saturday, February 25, 2017

Cara Melaksanakan Ujian Dengan PTBK V4.2



Seperti tulisan saya sebelumnya tentang Aplikasi Praktis Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK)
 banyak yang mengajukan pertanyaan berkaitan dengan cara melaksanakan ulangan/ujian dengan PTBK v4.2 maka kali ini saya akan menguraikan langkah-langkahnya.

Untuk bisa menggunakan soal yang sudah dirakit dengan aplikasi PTBK v4.2 sebagai penilaian ulangan/ujian ada beberapa langkah yang harus dilakukan :

A. Persiapan
    a. Persiapan Perangkat
  1. Syarat pertama untuk bisa melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer tentu saja harus ada fasilitas komputer dengan terpasang jaringan/network baik menggunakan LAN maupun wifi.
  2. Tersedia PC/Laptop sebagai server tempat menyimpan soal dengan ketentuan jika PC/laptop client yang mengakses server maksimum 20 PC/client maka cukup 1 (satu) Server.
  3. Tapi jika PC/client yang mengakses server lebih dari 20 PC/laptop maka dibutuhkan 2 PC/laptop sebagai server.
  4. Semua PC/laptop client diberi nama tersendiri , misalkan untuk PC no 1 diberi nama Cliet-01, PC no 2 diberi nama Client-02 dan seterusnya.
  5. Untuk server sebaiknya juga diberi nama tersendiri , misalkan usbk-01 untuk server no 1 dan usbk-02 untuk server no 2. 
  6. Dalam setiap server disiapkan satu folder tempat untuk meletakkan soal yang akan diakses oleh siswa, misalkan Soal USBK untuk folder di server usbk-01 dan seterusnya.
  7. Folder Soal USBK  di-share tanpa protect sehingga bisa diakses oleh client, dengan cara :

  • Klik kanan folder Soal USBk dan pilih Properties
  • Pada jendela properties klik menu dan klik tombol Share
  • Pada jendela File Sharing pilih Everyone, kemudian klik Add
  • Kemudian pada Permission Level pilih Read/Write
  • Klik Share, kemudian OK

Agar folder dapat diakses oleh semua client lakukan pengaturan sharing pada network sebagai berikut :
  • Klik Start, kemudian pilih Control Panel
  • Pada bagian Network and Internet, klik View network status and tasks
  • Selanjutnya klik Change advanced sharing sattings
  • Lakukan setting pada semua pilihan pada posisi on kecuali protect setting pada posisi off password protect setting kemudian Save changes.
  • Lakukan pengecekan untuk memastikan semua client bisa membuka folder di server. Jika jumlah client lebih dari 20 maka sebaiknya ditentukan tertentu mengakses server tertentu. Misalkan jika siswa berjumlah 28 orang , ditentukan bahwa  client no 1 sampai dengan client no 15 mengkases folder di server usbk-01, sedangkan client no 16  sampai dengan client no 28 mengakses server usbk-02 .
Baca : Cara Sharing Folder

   b. Persiapan Soal
  1. Buat soal dengan aplikasi PTBK v4.20 , download disini
  2. Soal yang sudah siap untuk digunakan terlebih dahulu digandakan atau dicopy sejumlah siswa yang akan mengikuti penilaian dan diberi nomor urut sesuai no ujian.
  3. Misalkan , MYOB - 001, MYOB - 002, MYOB - 003 dan seterusnya. (MYOB adalah Nama mapel, sedangkan 001 adalah nomor ujian siswa)
  4. Untuk menggandakan soal ini bisa secara manual, artinya file dicopy dan paste, kemudian di ganti nama filenya (Rename) dengan menambah nomor ujian.
  5. Untuk memudahkan bisa menggunakan aplikasi menggandakan file, seperti Advance Renamer  atau aplikasi sejenis lainnya.
Baca : Menggandakan file dengan Advance Renamer.

   c. Rekap Nilai
  • Untuk memantau dan rekap nilai setelah siswa mengerjakan soal , gunakan file Rekap Nilai
  • Silakan Download file Rekap Nilai
  • File ini menggunakan fasilitas macros, penjelasan cara mengaktifkan macro silakan download DISINI atau link mirror DISINI




B. Pelaksanaan 
     a. Persiapan awal
  1. Sebelum ulangan dilaksanakan file soal yang sudah digandakan dicopy dan letakkan dalam  folder Soal USBK pada server yang telah di-share di semua client.
  2. Jika siswa lebih dari 20 orang maka jadikan dua kelompok, satu kelompok (misalkan MYOB - 001 s/d MYOB - 017) diletakkan di server01 dan satu kelompok lagi (misalkan MYOB - 018 s/d MYOB - 36) letakkan di server02.
  3. Persilakan siswa untuk menghidupkan pc/laptop dan membuka file soal melalui Network/jaringan sesuai nomor absen masing-masing.
  4. Siswa dengan nomor absen 1 , membuka soal MYOB - 001, siswa nomor absen 2, membuka soal MYOB - 002 , demikian seterusnya.
  5. Siswa diminta untuk mengisi Nomor Induk Siswa , secara otomatis nama akan tampil.selanjutnya siswa menyimpan kembali file soal. (Save)

Untuk memantau pekerjaan siswa, buka file Rekap Nilai yang sudah didownload tadi ( di atas)
File ini akan menampilkan data dan hasil pekerjaan siswa. File ini menggunakan fasilitas macro, oleh karena itu sebelum file dibuka, maka harus diaktifkan dulu macro pada ms excel, caranya :
  • Klik  Office Button , kemudian klik Excel Options
  • Pada jendela Excel Options klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Settings.
  • Klik Macro Settings , kemudian klik pilihan Enable all macros
  • Kemudian klik OK, dan OK lagi

Setelah macro diaktifkan ( dilakukan satu kali saja), selanjutnya buka file Rekap Nilai. Lakukan langkah berikut :
  • Isikan nama file soal pada kolom yang tersedia, misalkan MYOB.
  • Pada kolom NO SOAL , isikan nomor file sesuai penempatan soal di masing-masing server. Misalkan untuk server usbk-01 file MYOB - 001 sampai dengan MYOB - 012 , untuk server usbk-02 file MYOB - 013 sampai dengan MYOB - 024 , dan server usbk-03 file MYOB - 025 sampai dengan MYOB - 035.
  • Klik tombol PROSES
  • Blok/pilih range identitas yaitu E2:E5 , tekan tombol F2 kemudian enter, pada keyboard. Lakukan berulang sampai identitas soal tampil.
  • Blok/pilih range untuk kolom NIS/NO UJIAN, NAMA, dan NILAI yang berisi formula/rumus. Tekan tombol F2 kemudian enter, pada keyboard. Lakukan berulang sampai semua data tampil, kecuali nilai yang masih kosong.
  • Jika semua NIS dan Nama siswa sudah tampil maka siswa siap untuk mengerjakan soal

   b. Mengerjakan Soal
  1. Sebelum mulai mengerjakan soal berikan Token kepada siswa, sesuai token yang ada pada file soal, misalkan ABC.
  2. Siswa mengisi Kode Pembuka soal dengan gabungan antara No Ujian dengan Token, misalkan No Ujian 087, maka Kode Pembuka Soal adalah 087ABC.
  3. Selanjutnya siswa bisa mulai mengerjakan soal dengan klik tombol Mulai Kerjakan Soal.
  4. Cara menjawab soal cukup dengan klik bulatan yang ada di depan masing-masing pilihan jawaban soal. Jika ada perubahan pilihan jawaban cukup klik pilihan jawaban yang lain. Jika sudah memilih jawaban maka nomor pada indikator soal akan berubah warna menjadi pink. 
  5. Untuk menjawab soal berikutnya, klik tombol Next. Bisa juga dengan klik no yang ada pada indikator soal di bagian kanan, maka akan tampil soal sesuai nomor yang diklik.
  6. Jika semua soal sudah selesai dikerjakan atau waktu mengerjakan sudah habis, maka siswa diminta klik tombol Selesai.
  7. Akan tampil halaman konfirmasi, pada halaman ini klik tombol selesai  dan file disimpan kembali (Save)


 c. Pengolahan Nilai
Setelah semua siswa menyimpan kembali file soal, selanjutnya guru dapat melihat nilai siswa melalui file Rekap Nilai. 
Caranya :
  1. blok/pilih range nilai kemudian tekan tombol F2 kemudian enter pada keyboard. Lakukan langkah ini secara berulang sampai semua nilai siswa tampil.
  2. Terakhir klik tombol SELESAI.
  3. Setelah perekapan nilai selesai siswa dapat menutup file soal, kemudian menutup aplikasi ms excel dan windows.


Secara detail silakan
Link Mirror

Download Rekap Nilai
Mirror
Download Rekap nilai

Monday, February 20, 2017

Struktur Kurikulum SMK 2017

Setelah diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2016 secara berturut- turut mulai nomor 20 tentang Standar Kompetensi Lulusan, kemudian nomor 21 tentang Standar Isi, nomor 22 tentang Standar Proses, nomor 23 tentang Standar Penilaian dan nomor 24 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi inti. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah kemudian mengeluarkan Surat Keputusan tentang Spektrum Sekolah Menengah Kejuruan dengan nomor 4678 tahun 2016.
Dalam spektrum yang baru ini ada beberapa kompetensi keahlian mengalami perubahan nama seiring perkembangan kurikulum, ilmu pengetahuan, teknologi dan kebutuhan dunia kerja.
Dalam spektrum ini secara keseluruhan adalah :

  1. Bidang Keahlian Teknologi Rekayasa memiliki 13 Program Keahlian dengan 58 Kompetensi Keahlian
  2. Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan memiliki 3 Program Keahlian dengan 6 Kompetensi Keahlian
  3. Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki 2 Program keahlian dengan 6 Kompetensi Keahlian
  4. Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial memiliki 5 Program Keahlian dengan 6 Kompetensi Keahlian
  5. Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi memeiliki 6 Program Keahlian dengan 20 Kompetensi Keahlian
  6. Bidang Keahlian Kemaritiman memiliki 6 Program Keahlian dengan 10 Kompetensi Keahlian
  7. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen memiliki 3 Program Keahlian dengan 6 Kompetensi Keahlian
  8. Bidang Keahlian Pariwisata memiliki 4 Program keahlian dengan 8 Kompetensi keahlian
  9. Bidang Keahlian Seni dan Industri Keartif memiliki 9 Program keahlian dengan 22 Kompetensi Keahlian


Sebagai pendukung spektrum tersebut juga dilakukan perubahan struktur kurikulum dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.

Struktur ini sepertinya akan diberlakukan untuk siswa kelas X Tahun Pelajran 2017/2018 yang akan datang.
Berkaitan dengan struktur ini maka perangkat pembelajaran lainnya seperti :

  • Kompetensi Dasar tiap Mata Pelajaran;
  • Silabus;
  • Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); dan
  • Kelompok Kompetensi yang akan dilakukan sertifikasi

ditetapkan oleh Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Download Struktur Kurikulum 2017 :
   Salinan SK Dirjen Struktur Kurikulum SMK No 130.pdf
  1. Struktur Kurikulum Bidang Keahlian Teknologi Rekayasa.pdf
  2. Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan.pdf
  3. Bidang Keahlian Teknologi Komunikasi dan Informasi.pdf
  4. Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.pdf
  5. Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi.pdf
  6. Bidang Keahlian Kemaritiman.pdf
  7. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.pdf
  8. Bidang Keahlian Pariwisata.pdf
  9. Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif.pdf

Link MIRROR
   Salinan SK Dirjen Struktur Kurikulum SMK No 130.pdf
  1. Struktur Kurikulum Bidang Keahlian Teknologi Rekayasa.pdf
  2. Bidang Keahlian Energi dan Pertambangan.pdf
  3. Bidang Keahlian Teknologi Komunikasi dan Informasi.pdf
  4. Bidang Keahlian Kesehatan dan Pekerjaan Sosial.pdf
  5. Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi.pdf
  6. Bidang Keahlian Kemaritiman.pdf
  7. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen.pdf
  8. Bidang Keahlian Pariwisata.pdf
  9. Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif.pdf


Friday, February 17, 2017

Cara Mudah Menggunakan WhatsApp di Laptop/PC

Sekarang ini semakin banyak masyarakat yang menggunakan media sosial Whatsapp (WA) , karena setiap akun hanya terhubung dengan satu nomor telepon seluler sehingga jalinan kominikasi antar pengguna lebih terjamin.
Manfaat akun Whatsapp juga berkembang dan dijadikan untuk mengirim video, gambar atau dokumen dengan kualitas yang hampir tidak berubah, sehingga  Whatsapp bisa menjadi pengganti email dalam sharing dokumen.
Untuk memudahkan dalam mengirim atau mengunduh dokumen anda bisa membuka Whatsapp melalui laptop/pc. 


Persyaratan untuk menjalankannya adalah :
  • Anda harus memiliki sebuah akun WhatsApp aktif pada telepon Anda.
  • Anda harus memiliki koneksi internet stabil baik pada telepon maupun komputer anda.
  • Laptop/pc anda terinstall aplikasi WhatsApp, silakan download disini


Nah untuk menjalankannya lakukan sebagai berikut :
  • Download aplikasi WhatsApp disini kemudian install di Laptop/PC anda.
  • Setelah terinstall buka aplikasi WhatsApp di laptop/pc, maka akan ada tampilan sebagai berikut :



  • Selanjutnya silakan aktifkan whatsapp anda yang di handphone ,kemudian pada menu CHATT 
  1. klik pojok kanan 
  2. pilih WhatsApp Web
  • Selanjutnya arahkan HP anda ke laptop/PC dan scan barcode. Jika berhasil maka WhatsApp anda akan langsung aktif di PC/laptop.


Jika anda ingin keluar dari WhatsApp laptop/PC , setelah klik WhatsApp Web anda pilih keluar dari semua komputer/Log out from all computers



Thursday, February 02, 2017

Lomba Karya Inovasi Pembelajaran Guru SMA/SMK Tahun 2017

Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang bermutu, kreatif dan inovatif, maka diperlukan berbagai upaya dari guru untuk selalu mengembangkan diri dalam menciptakan pembelajaran yang bermutu. Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017 akan menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru Pendidikan Menengah (Inobel) sebagai ajang bagi guru untuk melakukan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) agar kompetensi keprofesiannya tetap sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya dan/atau olahraga.

Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah bersifat perorangan (individual) dengan sasaran guru-guru SMA dan SMK di seluruh Indonesia baik PNS maupun Non PNS di Sekolah negeri maupun swasta yang aktif melaksanakan tugas.
Download Pedoman Inobel 2017 di sini

Kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah dilaksanakan
dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Pengiriman Proposal paling lambat tanggal 31 Maret 2017
  2. Pengumuman Seleksi Proposal tanggal 15 April 2017
  3. Workshop Pendampingan yang dilaksanakan pada bulan April 2017
  4. Seleksi Laporan Hasil Penelitian pada bulan Oktober 2017
  5. Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah pada bulan Oktober 2017

Persyaratan Peserta lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru Pendidikan Menengah sebagai berikut:

  1. Guru SMA dan SMK, baik PNS atau bukan PNS
  2. Memiliki NUPTK
  3. Guru yang belum pernah menjadi Pemenang Lomba Inobel pada tahun-tahun sebelumnya.
  4. Mengirimkan Proposal yang akan dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. File dalam bentuk pdf dan dikirim melalui www.kesharlindungdikmen.id dengan cara mengisi biodata dan mengunggah proposal penelitian tersebut. Apabila ada video pembelajaran melaui email : kesharlindung.dikmen@gmail.com


Ketentuan Mengikuti Lomba Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Menengah adalah :

Seleksi Proposal
  1. Peserta adalah Guru SMA dan SMK baik Negeri maupun Swasta yang masih aktif, memiliki NUPTK dan melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
  2. Peserta belum pernah menjadi juara 1, 2, atau 3 Guru SMA dan SMK Berprestasi Tingkat Nasional, Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa, Lomba Inovasi Pembelajaran, Lomba Olimpiade Guru Nasional, untuk tahun 2014, 2015, atau 2016.
  3. Proposal dalam bentuk pdf dan dikirim melalui laman http://kesharlindungdikmen.id
  4. Tidak mengajukan karya inovasi yang sama pada kegiatan sejenis yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (tidak boleh penelitian skripsi, tesis, disertasi, atau penelitian yang telah dipublikasikan sebelum kegiatan ini).
  5. Setiap peserta hanya diijinkan mengirim 1 (satu) naskah karya ilmiah inovatif.
  6. Proposal yang dikirimkan kepada Panitia tingkat nasional belum pernah diikutkan dalam berbagai lomba.
  7. Proposal yang dikirim bukan merupakan hasil penelitian skripsi, tesis, atau disertasi.
  8. Metode penelitian yang digunakan dapat berupa Penelitian Tindakan Kelas, Eksperimental, atau Penelitian dan Pengembangan (R&D) (lihat ketentuan penulisan proposal).
  9. Proposal penelitian yang dikirimkan harus memenuhi sistematika penulisan dan kelengkapan pendukung sesuai persyaratan yang telah ditentukan.
  10. Mengirimkan proposal secara online sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan oleh Panitia.
  11. Karya inovasi harus asli (betul-betul dibuat sendiri oleh peserta dan bukan plagiat).
  12. Jumlah halaman proposal maksimum 20 (duapuluh) halaman tidak termasuk lampiran.
  13. Apabila ada dokumen pendukung dalam bentuk video pembelajaran dapat di email ke kesharlindung.dikmen@gmail.com (video berdurasi maksimal 20 menit).

Proses Pelaksanaan
  • Peserta yang proposalnya terpilih akan diundang untuk mengikuti bimbingan teknis (bimtek).
  • Setiap peserta bimtek harus menyempurnakan proposal penelitian, dan melaksanakan kegiatan penelitian inovasi pembelajaran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
  • Laporan hasil penelitian dikirimkan secara online sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.
  • Hasil penelitian dapat berupa produk baru dan cara mengajarkannya, media pembelajaran, model, strategi dan metode pembelajaran, model/buku ajar inovatif, sistem evaluasi dan lain-lain yang sejenis.


Prinsip-prinsip Lomba
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam lomba inovasi pembelajaran bagi guru SMA dan SMK tingkat nasional tahun 2017 bersifat edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.
  1. Edukatif: menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan masing-masing karya yang di hasilkan;
  2. Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antar guru SMA dan SMK secara sehat;
  3. Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai;
  4. Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka;
  5. Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
  6. .Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan; Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.
  • Surat Edaran Lomba Karya Inobel Guru SMA/SMK Tahun 2017 silakan download DISINI
  • Pedoman Lomba Karya Inobel Guru SMA/SMK Tahun 2017 silakan download DISINI

Sumber : http://kesharlindungdikmen.id/